BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Senin, 02 November 2009

fenomena budaya

Sebelumnya, kita harus mengerti dulu pengertian kebudayan dan unsur-unsur kebudayaan yang akan kita bahas lebih lanjut...

1. Pengertian kebudayaan

a. E.B Taylor (1871) : kompleks yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat itiadat dan kemampuan lain serta kebiasaan yang didapat oleh manusia sbg anggota masyarakat

b. Selo Sumarjan & Sulaiman Soemardi merumuskan kebudayaan sbg semua hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat

c. Sultan Takdir Alisyahbana: manifes dari cara befikir

d. Koentjaraningrat: keseluruhan gagasan dan karya manusia yang harus dibiasakan dg belajar beserta keseluruhan dari hasil budi pekertinya.

e. A.L Krober dan C.Kluchon: manifes/penjelmaan kerja jiwa manusia dalam arti seluas-luanya

f. C.A Van Peursen: manifestasi kehidupan setiap orang-orang & kehidupan setiap kelompok orang berlainan dg hewan, maka manusia tidak dapat hidup begitu saja ditengah alam, melainkan selalu mengubah alam.

2. Unsur Kebudayaan

1. Melville J. Herkovits: terdiri dari 4 unsur yaitu alat teknologi, sistem ekonomi, keluarga & kekuatan politik.
2. Bronislaw Malinowski: kebudayaan tdd sistem norma, organisasi ekonomi, alat-alat atau lembaga ataupun petugas pendidikan dan organisasi kekuatan.
3. Kluckhon: 7 unsur kebudayaan universal (sistem religi, sistem kekerabatan dan organisasi kemasyarakatan, sistem pengetahuan,sistem mata pencaharian & sistem ekonomi, sistem teknologi dan peralatan, bahasa, kesenian.

Unsur kebudayaan yang akan kita bahas lebih lanjut adalah kebudayaan menurut Kluckhon. Disini akan dibahas contoh-contoh fenomena kebudayaan Indonesia menurut 7 unsur kebudayaan universal..

0 komentar: